Wednesday, June 26, 2019

author photo

Jika Anda merupakan pengguna ponsel Huawei, Anda harus tahu informasi terbaru bahwa Google kini sudah tidak lagi melakukan kerjasama perangkat dengan Huawei. Akibatnya pengguna Huawei tidak dapat mendownload berbagai macam aplikasi yang ada kaitannya dengan Google di HPnya.

Aplikasi default google seperti halnya google drive, gmail dan bahkan youtube tidak bisa diakses di HP Huawei. Lantas, bagaimana solusinya bagi pengguna Huawei mengantisipasi hal tersebut?

Aplikasi Huawei pengganti Android Google
Aplikasi Huawei pengganti Android Google

Bagi Anda para pengguna android Huawei sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Google pengganti di perangkat HP Anda. Berikut apa saja aplikasi Google pengganti untuk HP Huawei yang bisa Anda download sekarang!

Daftar Aplikasi Google Untuk HP Huawei yang Harus Didownload

Aplikasi F-Droid, aplikasi pengganti PlayStore Google
Jika tak ada aplikasi Google berupa PlayStore, bagi Huawei hal tersebut sudah bisa diatasi dengan hadirnya F-Droid. F-Droid dibuat dengan konsep serupa PlayStore karena semua aplikasi berdasarkan kategori dan jumlah unduhan bisa ditemukan di F-Droid dengan mudah.

Pengguna hanya tinggal perlu menyediakan kuota internet dan HP dengan minimal memori RAM sebesar 1 GB. Walau diusahakan dibuat semirip mungkin dengan PlayStore, namun tetap saja F-Droid masih punya kekurangan.

Kekurangan dari F-Droid adalah bahwa aplikasi yang tersimpan didalam F-Droid tidak sebanyak yang tersimpan di PlayStore.

Privacy Browser, silahkan browsing hemat kuota disana!

Selain terdapat fitur kolom google di ponsel, browser pun menjadi tempat pengguna browsing atau sekedar membuka salah satu alamat website. Privacy browser pun bisa dicoba disamping memiliki fitur yang jejak rekam pengguna tidak akan tersimpan di bagian historynya.

Tentu berbeda dengan Google Chrome dimana aplikasi tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak memori. Karena memang secara system, hanya butuh data internet serta cookie saja. Sehingga Privacy Browser tidak menjadi aplikasi Google selayaknya browser Google yang mungkin memakan RAM Anda. Privacy Browser tidak memakan RAM HP Huawei Anda karena dibuat ramah untuk Huawei.

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Privacy Browser, diantaranya adalah terdapatnya fitur ad-block yang bisa digunakan atau difungsikan tanpa aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi NewPipe, nonton video sepuasnya seperti nonton di Youtube

Kesan yang sporadic akan kita temukan dari aplikasi Google pengganti untuk HP Huawei yaitu NewPipe ini. Aplikasi NewPipe didukung dengan tampilan yang sempurna. Aplikasi NewPipe memiliki warna merah, putih dan hitam yang menyerupai YouTube.

Disana Anda bisa mengakses semua konten yang artinya tak akan ada batasan umur karena pengguna apapun bisa tetap nonton. Ada beberapa kelebihan dari NewPipe, kelebihannya yaitu:
  • Pop-up player sembari mendengarkan music walau handphone dalam kondisi idle
  • Bersifat open source

Aplikasi Maps agar pengguna Huawei tidak tersesat!

Jika Anda bepergian ke suatu tempat yang sebelumnya belum pernah Anda datangi, mungkin Anda akan merasa bingung. Ya, mencari tempat tujuan atau destinasi terkadang membuat orang bingung. Ditambah saat ini aplikasi google maps di HP Huawei sudah tidak bisa lagi di akses. Damn!

Namun tenang saja, Anda masih bisa bermaps Ria walau menggunakan HP Huawei. Hal tersebut karena ada aplikasi pengganti Google Maps yang bisa Anda download yaitu Maps. Aplikasi ini merupakan kloningan dari GMaps.

Anda pengguna HP Huawei seri apapun bisa mengunduh Maps di aplikasi tokonya Huawei yaitu f-droid. Ada banyak fitur di aplikasi Maps yang bisa Anda rasakan. Adapun fitur – fitur tersebut diantaranya :
  • Open street maps secara crowd source
  • Terdapatnya screenlock standby layar agar layar tetap hidup walau kondisi sedang idle
  • Navigasi maps yang bisa diofflinekan

Aplikasi K-9 Mail, aplikasi pengganti Gmail

Secara antarmuka, aplikasi K-9 Mail merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menggantikan Gmail. K-9 Mail memang kurang populer di kalangan pengguna android. Hal tersebut masalahnya karena secara nilai unduhan di Google PlayStore terdapat di angka 3.5 dimana secara rata-rata aplikasi yang bagus adalah yang punya nilai rating sekitar 4.0 di Play Store.

Namun walau begitu, bagi pengguna Huawei, K-9 Mail tetap bisa dipakai. Memang dulu email adalah suatu system yang terpisah dari aplikasi sehingga kita sering mengenal istilah 7 layer OSI dimana email berada dalam hierarki ke-2 sebelum aplikasi. Namun sekarang, semuanya sudah berbeda tentunya.

K-9 Mail bukan aplikasi yang terlalu buruk. K-9 Mail juga punya beberapa kelebihan yang meliputi :
  • Terdapatnya kesempatan yang besar untuk mengakses inbox gmail
  • Merupakan sebuah aplikasi mail yang open source
Nah, Anda pengguna HP Huawei, jangan khawatir lagi karena aplikasi Google pengganti untuk HP Huawei diatas bisa Anda download dan manfaatkan untuk produktivitas HP Huawei Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post