Wednesday, June 26, 2019

author photo

Bagi Anda para pengguna ponsel iPhone atau yang ingin membeli iPhone X tentu harus tahu bahwa banyak rumor yang beredar tentang HP iPhone X palsu yang dijual dengan harga setara iPhone X asli.

Wow! Lantas, tidak banyakkah orang yang tahu beda keduanya? Jika Anda tidak tahu beda antara iPhone X asli dan palsu tentu hal tersebut akan menjadi boomerang untuk Anda ketika akan membeli HP iPhone X.

membedakan iphone x asli dan palsu
Membedakan iphone x asli dan palsu

Namun jika Anda sudah tahu cara cek iPhone X asli dan palsu untuk mencari tahu bedanya, tentu membeli iPhone X tidak akan tertipu. Sebagai informasi, berikut cara cek iPhone X asli dan palsu yang penting Anda tahu. Check these out!

Cara Cek iPhone X Asli dan Palsu

iPhone X asli, punya AppStore
iPhone X merupakan salah satu produk Apple di kelas atas yang banderol harganya bahkan setara dengan harga satu unit motor. Tentu saja semua produk Apple memiliki aplikasi App Store didalamnya. Hal tersebut karena toko aplikasi untuk produk iPhone X dan semua produk dari Apple adalah App Store.

Jadi jika Anda membeli iPhone X yang tidak dibekali dengan App Store melainkan aplikasinya masih menggunakan Google Play Store, maka iPhone tersebut adalah sebuah HP tiruan. Jadi, hati – hati, cek bagian ini ketika membeli iPhone X.

Perhatikan OS iPhone X yang digunakan

Cara cek iPhone X asli yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan OS yang digunakan sebagai system operasinya. Jika yang Anda beli benar merupakan iPhone X maka OS yang digunakan adalah iOS bukan android.

Sementara untuk iPhone X tiruan rata – rata menggunakan android karena memang sangat mudah jika android dicustom agar mirip dengan iOS. Untuk melakukan pengecekan cukup mudah. Anda bisa masuk ke menu setting dan kemudian periksa sistem operasi yang digunakan.

Manfaatkan iTunes

Biasanya perangkat Apple dapat terhubung dan saling mengenali satu sama lain. Jadi jika Anda sudah atau akan membeli sebuah produk iPhone sebaiknya Anda cek dulu dengan memanfaatkan iTunes di computer Anda.

iPhone yang asli ketika terhubung akan dibaca dengan mudah oleh iTunes. Sementara iPhone yang palsu tidak akan mampu dibaca oleh iTunes.

Perhatikan material iPhone

iPhone X adalah smartphone yang dibuat untuk kalangan menengah ke atas. Tentu saja hal tersebut menjadikan material yang digunakan iPhone X lebih premium. Jadi perhatikan material body ketika Anda akan membeli iPhone X ini.

Jika Anda lihat materialnya ternyata menggunakan plastic murahan, maka ada baiknya jangan Anda beli karena kemungkinan besar iPhone X tersebut adalah produk palsu atau android yang dibuat mirip iPhone.

Cek garansi iPhone Anda melalui website

Sebelum Anda membeli iPhone ada baiknya lebih dulu Anda tahu nomor IMEI yang tertera di bagian dusnya. Kemudian Anda perlu melakukan pengecekan melalui website resmi Apple dengan cara Anda masukkan nomor IMEI tersebut.

Jika kemudian muncul keterangan yang sesuai maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah iPhone asli, namun jika tidak bisa maka iPhone tersebut adalah iPhone palsu.

iPhone X yang asli memanfaatkan retina display

Untuk poin ini memang cukup sulit jika masih tidak ada pembanding. Karena itu jika misalkan Anda akan membeli sebuah iPhone, maka ada baiknya untuk Anda mengajak teman yang juga punya iPhone sehingga Anda bisa membandingkan perbedaan layar yang ada.

Jika layarnya terlihat buram, maka smartphone tersebut tidak menggunakan retina display dan kemungkinan besar merupakan iPhone X yang palsu.

Perhatikan tombol screenshot pada iPhone X asli

Para pengguna iPhone X yang fanatic pasti sudah tahu tentang hal ini bahwa iPhone X dapat mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan. Anda juga bisa mengecek hal ini untuk membuktikan keaslian dari iPhone X. Untuk iPhone X palsu biasanya tidak dapat melakukan hal ini.

Dibanderol dengan harga yang wajar

Harga memang dapat menjadi patokan untuk melihat keaslian iPhone X atau tidak. Memang hal ini tidak bisa dibuktikan namun jika Anda mendapatkan tawaran harga iPhone X yang harganya sangat jauh dari harga pasaran atau harga normal, baiknya Anda berhati – hati. Karena kemungkinan besar iPhone X tersebut adalah produk tiruan.

iPhone X palsu punya memori eksternal, yang asli tidak punya

Namanya juga tiruan atau replika. Walau secara bentuk kesannya asli namun secara dalaman tidak bisa menyamai. Untuk iPhone X yang palsu, produk tersebut dibekali dengan memori eksternal sementara yang asli tidak.

Itulah cara cek iPhone X asli dan palsu yang Anda harus tahu. Jadi, teliti sebelum membeli! Jangan sampai Anda membuang – buang uang Anda hanya untuk membeli iPhone X yang palsu.

Next article Next Post
Previous article Previous Post